Selasa, 12 Juni 2012

RPP PKN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran        :  Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas                       :  XII
Semester                 :  2
Program Studi        :  IPA/IPS
Standar Kompetensi         :  1. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai
                                   Ideologi negara.
Kompetensi Dasar  :  1.1 mendeskripsikan Pancasila sebagai ideologi terbuka
Indikator                :      Menjelaskan apa yang dimaksud dengan ideologi terbuka
·         Menguraikan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara
Alokasi Waktu        : 4 x 45 menit   


A. Tujuan Pembelajaran

·         Agar siswa mampu mengetahui apa yang dimaksud dengan pancasila sebagai ideologi terbuka
·         Agar siswa lebih dapat menghargai jasa perjuangan para pahlawan dalam perumusan Pancasila


B. Materi Ajar
Pancasila sebagai ideologi terbuka

C. Metode Pembelajaran
 -Ceramah
-picture and picture
D. Langkah-langkah kegiatan

1. Pendahuluan 10’
a. Apersepsi :  bertanya kepada siswa tentang pertanyaan umum misalnya
                      tentang pengertian ideologi secara umum atau menanyakan
                      apa arti dari pancasila
                      memberikan permainan yang bersangkutan dengan materi agar menumbuhkan stimulus awal yang menyenangkan kepada siswa

b. Memotivasi:  bercerita tentang  semangat para tokoh pencetuh pancasila yang
                            inspiratif untuk para siswa.

2. Inti 70’
·  Menerangkan materi secara jelas kepada siswa tentang makna ideologi terbuka juga menceritakan kembali bagaimana suasana perumusan pancasila juga memberi kesempatan para siswa untuk bertanya.
·  Memberikan kesempatan siswa untuk memberikan tanggapannya terhadap materi yang dibahas

3.  Penutup 10’
·  Guru memberikan evaluasi dan memberikan kesimpulan dari keseluruhan materi yang telah dibahas.
·  Guru memberikan motivasi kepada siswa agar tetap semangat belajar dan memimpin utuk berdoa.



E. Alat dan Sumber Belajar

Sumber :
  •  Buku paket, LKS, buku-buku lain yang relevan
Alat  :
§  LCD
§  Laptop
§  gambar-gambar pahlawan


F. Penilaian :
  • Penilaian bisa dilakukan dengan cara tes tertulis (pilihan ganda/essay) juga bisa dengan cara tes lisan.





Mengetahui,
Kepala  Sekolah



I


Jakarta,  Juli  2006
Guru Mata Pelajaran





































CONTOH PEDOMAN PENSKORAN
LEMBAR PENILAIAN OBSERVASI TUGAS PILIHAN GANDA DAN ESSAY

Penskoran:                                        
Skor untuk soal pilihan ganda :

BENAR = 1

SALAH = 0

Skor untuk soal essay :

APABILA JAWABAN TEPAT = 2

APABILA JAWABAN MENDEKATI = 1

APABILA JAWABAN SALAH = 0


SOAL PILIHAN GANDA

  1. Alfian menyatakan bahwa Pancasila dapat disebut sebagai sebuah ideologi terbuka, karena telah memenuhi tiga dimensi, yaitu .....
a.   Dimensi realita, idealisme, dan fleksibilitas
b.   Dimensi realita, filosofis, dan kontiunitas
c.    Dimensi budaya, nilai luhur, dan jiwa bangsa
d.   Dimensi filosofis, budaya, dan fleksibilitas
e.   Dimensi konseptual, realita, dan idealisme
  1. Pancasila dijadikan sebagai dasar negara Indonesia karena ......
a.   Pancasila diusulkan oleh Founding father Indonesia
b.   Nilai yang terkandung dalam Pancasila mencerminkan jiwa bangsa Indonesia
c.    Pancasila dapat dijadikan alat pemersatu bangsa
d.   Pancasila dianggap sangat demokratis sehingga cocok untuk NKRI
e.   Sejarah bangsa Indonesia sangat terkait erat dengan sejarah lahirnya Pancasila
  1. Tiga fungsi pokok pancasila adalah .....
a.   Pandangan hidup, ideologi, dasar negara
b.   Lambang negara, jiwa bangsa, ideologi
c.    Pemersatu, penguat, pengokoh
d.   Pandangan hidup, tujuan hidup, nilai hidup
e.   Dasar negara, lambang negara, pertahanan negara
  1. Pancasila sebagai sebuah dasar negara memuat sebuah nilai dasar, yakni ....
a.   Nilai yang tercermin dalam setiap kehidupan nyata rakyat Indonesia
b.   Nilai yang terwujud dalam kehidupan sosial masyarakat
c.    Nilai yang terwujud dalam kehidupan hukum pemerintahan
d.   Nilai yang berasal dari budaya atau kultur bangsa Indonesia
e.   Nilai yang dalam penerapannya lebih didominasi oleh norma hukum
  1. Ciri khas demokrasi Pancasila dibandingkan dengan demokrasi lainnya adalah....
a.   Keputusan diambil dengan suara terbanyak
b.   Segala permasalahan dapat diselesaikan dengan kekeluargaan
c.    Adanya lembaga permusyawaratan rakyat
d.   Pengambilan keputusan dengan cara musyawarah mufakat
e.   Pemilihan umum dengan asas LUBER dan JURDIL
  1. Kedudukan pancasila dikaitkan dengan pengaruh budaya asing adalah.....
a.   Sebagai filter atau penyaring
b.   Jiwa dan kepribadian bangsa
c.    Pedoman hidup bangsa
d.   Sebagai penangkal
e.   Sebagai dasar negara
  1. Dalam sidang BPUPKI pertama dibahas sebuah rumusan pentung yaitu.....
a.   Pembentukan undang-undang dasar negara
b.   Perumusan alat-alat pemerintahan
c.    Perumusan dasar negara RI merdeka
d.   Pemilihan presiden dan wakilnya
e.   Pembentukan Piagam Jakarta
  1. Tindakan bijaksana yang sesuai dengan demokrasi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah...
a.   Mengutamakan suara terbanyak
b.   Dapat mengendalikan diri dengan baik
c.    Menerima segala keputusan
d.   Memberikan kebebasan berbeda pendapat
e.   Memajukan kepentingan bersama
  1. Contoh upaya penerapan nilai kepribadian bangsa Indonesia berdasarkan sila pertama Pancasila adalah.....
a.   Melestarikan gotong royong dan kerja sama
b.   Memupuk diri dengan akhlak uang baik
c.    Membantu teman-teman di sekolah
d.   Mendisiplinkandiri waktu belajar
e.   Menegakan ajaran agama dengan segala cara
10. Arti penting ketaatan terhadap Demokrasi pancasila adalah.....
a.  Bersumber dari taat nilai sosial budaya bangsa Indonesia
b.  Telah digunakan bangsa Indonesia sejak dahulu kala
c.  Mendapatkan dukungan dari dunia internasional pada umumnya
d.  Diajarkan dan diwajibkan oleh pemerintahan RI
e.  Telah mengantarkan bangsa Indonesia pada kemerdekaan yang abadi






SOAL ESSAY

  1. Uraikan makna Pancasila sebagai sebuah ideologi terbuka!
  2. Sebutkan tiga tokoh beserta ide pokok yang dituangkan dalam perumusan dasar negara RI pada sidang BPUPKI I !
  3. Jelaskanlah tiga dimensi yang di uraikan oleh Alfian!
  4. Uraikan maksud Pancasila mengandung nilai instrumental !
  5. Jelaskanlah kembali bagaimanakah suasana perumusan pancasila pada sidang BPUPKI I !


KUNCI JAWABAN
  1. A
  2. B
  3. A
  4. A
  5. D
  6. A
  7. C
  8. D
  9. B
10.  A


2 komentar: